Rabu, 26 Oktober 2011

Presentasi

Presentasi adalah salah satu aktivitas yang tidak bisa dilepaskan dari hampir semua bidang pekerjaan saat ini. Presentasi dilakukan pada rapat-rapat rutin, rapat kerja, atau rapat tim dan panitia. Presentasi dilakukan pada saat penyampaian proposal kerja ataupun laporan hasil pekerjaan tersebut. Presentasi produk untuk melakukan penjualan. Guru mengajar dan dosen memberikan kuliah pada prinsipnya adalah presentasi. Presentasi juga dilakukan pada acara-acara seminar, workshop, dan palatihan. Jika Anda mengikuti LKTI, Anda harus melakukan presentasi. Jika Anda menjadi mahasiswa, Anda akan banyak melakukan presentasi, misalnya: presentasi praktikum, quiz, laporan PKL, kolokium, dan seminar hasil penelitian.
Ketrampilan melakukan presentasi adalah salah satu modal untuk berhasil dalam bekerja. Tidak jarang keberhasilan suatu pekerjaan ditentukan oleh keberhasilan melakukan presentasi. Dalam sebuah rapat panitia misalnya, kepiawian mengkoordinasikan tim panitia sebagian ditentukan oleh ketrampilan presentasi. Mempelajari bagaimana melakukan presentasi yang efektif akan sangat membantu dalam melakukan pekerjaan.
Jadi, presentasi adalah suatu kegiatan penyampaian informasi,  materi atau kumpulan fakta yang dipakai untuk keperluan suatu analisa, diskusi, presentasi ilmiah, atau tes statistik. Data tersebut bisa dari data primer atau data sekunder.
Secara prinsip, langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat Media Presentasi adalah :
1.   Analisis kebutuhan
2.   Memilih topik yang sesuai
3.   Membuat Garis Besar Isi Media
4.   Membuat Jabaran Materi
5.   Membuat Peta Materi
6.   Membuat Flowchart
7.   Panulisan naskah
8.   Produksi
9.   Evaluasi dan revisi
Selanjutnya, dalam penulisan naskah lakukan :
1.   Persiapkan jabaran materi
2.   Persiapkan peta materi
3.   Persiapkan flowchart
4.   Persiapkan format naskah
5.   Persiapkan bahan pendukung :
o   Ilustrasi : gambar/foto
o   Video
o   Audio
o   Animasi
o   Simulasi, dsb.


0 komentar: