Selasa, 06 November 2012

Motivasi


Motivasi adalah dorongan yang timbul pada diri seseorang secara sadar  atau tidak untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu. Motivasi sangat menentukan bagi tindakan dan tingkah laku kita, sebab motivasi itu mempengaruhi segala tindak tanduk dan pikiran kita.
Setiap orang memiliki motivasi hidup. 

Persoalannya, apakah motivasi itu benar atau salah? Motivasi kita untuk belajar, tentulah semata-mata untuk memperoleh ijazah, tetapi untuk memiliki pengetahuan, meningkatkan daya nalar, dan bila mungkin menguasai dan memajukan pengetahuan yang diajarkan kepada kita. 

Bila motivasi kita hanya untuk memperoleh ijazah, maka belajar itu sendiri menjadi tidak penting. Motivasi seperti ini tidak baik, meskipun dalam kenyataan sehari-hari ada banyak orang yang memiliki motivasi seperti itu. Contoh lain: motivasi seseorang adalah ingin menjadi kaya. Motivasi itu tidak salah, yang sering kali salah adalah cara orang untuk mencapai status kaya tersebut. Bila Cuma sekedar kaya, bisa saja orang itu mencapainya melalui jalan apa saja “menghalalkan semua cara”.   

0 komentar: